Himafi Gelar Webinar Road to Physics Expo 2021

Masuk di bulan Oktober 2021, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan tetap melaksanakan kegiatan WEBINAR ROAD TO PHYSICS EXPO. Pada tahun ini baru bisa dilaksanakan kembali karena pada tahun 2020 sempat Vakum dikarenakan covid-19 yang melanda Indonesia. WEBINAR PHYSICS EXPO YANG KE-4 ini dilaksanakan pada hari Senin, 11/10/2021 tepat pada pukul 09.00 WITA ini dilaksanakan secara daring Via Zoom Meeting dikarekan seperti yang diketahui masih mewabahnya kondisi Virus Covid-19 yang melanda Indonesia khususnya Provensi Sulawesi Barat sampai saat ini sehingga terpaksa kegiatan ini dilaksanakan secara daring.

Kali ini Himpunan Mahsiswa Fisika (HIMAFI) mengusun tema ” Membentuk Generasi KIBAR: Kreatif, Inovatif, Berbudi dan Berkarakter. 

Dalam kegiatan WEBINAR ini dirangkaikan pula dengan Technical Meeting mengenai setiap lomba yang ada di Physics Ekspo mencakup di dalamnya Liga Fisika, Essay dan Video Kreatif.

Kegiatan ini diawali oleh saudari Pebrianti selaku pembawa acara (MC) pada hari itu, kemudian dilanjutkan oleh Ketua HIMAFI Muhammad Ridwan Kadir yang menyampaikan sambutannya dan menjelaskan sedikit tentang tema yang dibawakan. Selanjutnya dari ketua prodi Pendidikan Fisika yaitu bapak Hardi Hamzah S.Pd, M.Si menyampaikan sambutannya sekaligus membuka acara Webinar pada hari Senin kemarin. Beliau menyapa partisipan dan menyampaikan apresiasi serta rasa terimakasih kepada semua para peserta yang sempat hadir.

Pada Kegiatan, Webinar Road To Physics Expo, ini kami mengundang 3 Narasumber, diantaranya bapak Hardi Hamzah S.Pd, M.Si, Ibu Dewi Sartika S.Pd, M.Pd dan Ibu Nur Sakinah Annisa Luthfin S.Pd, M.Si.

Di sesi berikutnya masuk di bagian inti acara yaitu penyampaian materi yang dipandu oleh MC saudari Pebrianti (Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika) yang pada webinar ini menyampaikan profil biodata diri dari ketiga narasumber yang hadir di acara webinar tersebut. Di sesi penyampaian materi pertama narasumber yang menyampaikan materinya yaitu bapak Hardi Hamzah S.Pd, M.Si beliau merupakan Koordinator Prodi Pendidikan Fisika  yang dikesempatan ini menjelaskan materi “Mikrokontroler dalam Pengembangan Media Pembelajaran Fisika” kemudian dilanjutkan sesi kedua dari narasumber yang masih sama profilnya berasal dari Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sulawesi Barat, yaitu Ibu Dewi Sartika S.Pd M.Pd   disini beliau juga menyampaikan materi seputar “Pengembangan Instrumen Tes Literasi Saintifik Berorientasi Budaya Lokal Mandar: dan sesi ke-3 oleh Ibu Nur Sakinah Annisa Luthfin S.Pd, M.Si dengan materi “Pengaruh Volume Target terhadap Kualitas Pemecahan Terapi Radiasi menggunakan Teknik 3DCRT dan IMRT.”

Setelah penyampaian materi selesai seperti umum biasanya dilanjutkan dengan sesi diskusi yang sangat menarik dimana partisipan sangat ingin mendapatkan ilmu dan pengalamannya dari jawaban para narasumber yang sesuai ahli bidangnya dari tema hari ini khususnya dari peserta umum, serta tentunya mahasiswa/i lainnya yang cukup antusias  dalam bertanya via interaksi langsung komunikasi lewat kolom chat zoom seputar pembahasan materi yang diangkat di webinar kali ini. Masuk ke penghujung acara yaitu sesi Technical Meeting bersama para peserta PHYSICS EXPO 2021. Kegiatan ini diambilalih oleh Gusmiaeny Tiku S (Mahasiswa Pendidikan Fisika) selaku Moderator pada sesi ini, selanjutnya masing-masing Koordinator menyampai aturan pada setiap lomba diantaranya lomba: Liga Fisika, Video Kreatif dan Essay.

Adapun Harapan Pengurus HIMAFI 2021 “Semoga Physics Expo Ini dapat terus Terlaksana, dan menjadi salah satu wadah bagi adik adik SMA/Sederajat dalam mengembangkan potensi, minat, dan bakat adik adik”

Ungkap Ketua HIMAFI dalam sambutannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.