Prodi Pendidikan Fisika Terakreditasi BAIK SEKALI

Proses persiapan re-akreditasi Prodi Pendidikan Fisika yang cukup panjang dimulai dari penetapan tim, ikut berbagai kegiatan sosialisasi tentang Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS), pengumpulan data dan analisis data LKPS (Laporan Kinerja Program Studi), finalisasi LED (Laporan Evaluasi Diri) dan LKPS, BIMTEK, review internal, sampai pada proses penguploadan dokumen instrumen akreditasi di SAPTO, Simulasi Asesmen Lapangan, dan Kegiatan Asesmen Lapangan.

15-16 Juli 2020, BAN PT telah melaksanakan Asesmen Lapangan kepada Prodi Pendidikan Fisika.
Target kami dari awal adalah BAIK SEKALI, walaupun banyak bisikan-bisikan yang menjatuhkan bahwa kami hanya bisa mengubah status dari C menjadi BAIK, tapi tetap yang kami lakukan adalah memaksimalkan poin untuk setiap indikator penilaian.

Hasil akreditasi Prodi Pendidikan Fisika “Baik Sekali”

Peringkat yang diperoleh saat ini adalah hasil kerja keras dan kerjasama dari banyak pihak. Ada tim akreditasi dan bapak/ibu Dosen Prodi Pendidikan Fisika yang setiap hari meluangkan waktunya di laboratorium untuk mengerjakan dokumen akreditasi dan mempersiapkan kebutuhan untuk Asesmen Lapangan sembari membagi waktu untuk melaksanakan kewajibannya (Tridharma). Tim SPMI yang memberikan banyak saran dalam penyusunan dokumen akreditasi. GPM, UPPS, dan Tendik yang membantu dalam kelengkapan dokumen standar, hasil monev dan juga dokumen Fakultas. Dukungan yang selalu datang dari jajaran Pimpinan FKIP (yang sebelumnya dan yang saat ini). Dan tentunya ada mahasiswa tercinta kita dan beberapa alumni Prodi Pendidikan Fisika yang tiap hari mendampingi dosen-dosennya di Laboratorium, melengkapi dokumen yang diperlukan sampai malam hari.

Alhamdulillah kerja keras itu berbuah manis. Percaya bahwa segala sesuatu yang dikerjakan dengan sungguh-sungguh akan menghadirkan kejutan-kejutan yang bahkan tidak pernah kami bayangkan sebelumnya. Kami ucapkan terima kasih atas kerja sama dan kerja keras Tim Akreditasi Prodi Pendidikan Fisika, Bapak/Ibu Dosen Prodi Pendidikan Fisika, SPMI & GPM, UPPS, Tendik, Mahasiswa, Alumni, Stakeholder, dan juga jajaran pimpinan FKIP.

Semoga hadiah terbaik ini membawa keberkahan untuk kita semua, menjadi kebanggaan bagi mahasiswa kita, meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Prodi Pendidikan Fisika, memberi akses yang lebih luas bagi alumni Prodi Pendidikan Fisika dalam pengembangan karir ataupun studi lanjut, dan yang paling utama saat ini adalah semoga menjadi motivasi bagi program studi lainnya di Unsulbar khususnya di bawah naungan FKIP yang sementara juga mempersiapkan akreditasinya. Perlahan tapi pasti, Unsulbar menuju Unggul.


Salam Fisika, Salam Saintis, Salam Eksperimen.

Leave a Reply

Your email address will not be published.